Awal Bulan Syawal Jatuh Pada Hari Ahad? Ini Penjelasan PBNU

Awal Bulan Syawal Jatuh Pada Hari Ahad? Ini Penjelasan PBNU

Murexs.com–Memberitahukan Hasil Rukyatul-Hilal Bil-fi’li Awal Syawwal 1441 H oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Jumat, (22/05/2020) di Jakarta melalui Surat Edaran resmi.

Dalam rangka menyambut hari Raya Idul Fitri PBNU mengamati Visibilitas Hilal, yakni penampakan bulan sabit yang tampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi) setelah matahari terbenam dengan mata telanjang atau menggunakan teleskop.

Tim Rukyatul Hilal Lembaga Falakiyyah PBNU telah melakukan rukyatul-hilal bil-fi’li di sejumlah lokasi rukyat yang telah ditentukan dengan hasil “Hilal Tidak Terlihat”.

Atas dasar hasil rukyat tersebut dan sesuai dengan pendapat Al Madzahib Arba’ah, maka dengan ini PBNU mengihbarkan/memberitahukan bahwa, Ibadah Puasa Ramadhan 1441 H Istikmal 30 Hari dan Awal Bulan Syawwal 1441 H Jatuh pada hari Ahad, Tanggal 24 Mei 2020.

“Kepada warga Nahdlatul Ulama dan Umat Islam pada umumnya, agar menyempurnakan ibadah puasa 30 hari dan berhari raya pada Ahad, 24 Mei 2020”. Kata Said Aqil Siroj.

“Kami Ucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1441 H dengan penuh suka cita. Mohon maaf lahir dan bathin. Semoga ibadah puasa kita dan rangkaian ibadah lainnya selama bulan Ramadhan diterima Allah SWT dan semoga pula Amaliya Ramadhan bisa berlanjut pada bulan-bulan berikutnya. (Julia)

Agama