Banjir Membawa Berkah Bagi Warga Desa Mandi Angin

Banjir Membawa Berkah Bagi Warga Desa Mandi Angin

Murexs.com Muratara–Akibat hujan lebat semalaman Desa Mandi Angin terendam banjir Jum’at, (01/05/2020) di tepi sungai Rawas Ilir. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk memanen ikan. Banyaknya ikan yang menepi menjadi sumber rejeki bagi mereka.

Sejumlah warga beramai- ramai menangkap ikan mengunakan cara tradisional seperti jaring, pancing, merawai, yang tidak kalah menarik yaitu menggunakan cara nangkul. Namun, untuk mendapat ikan tersebut tidaklah mudah, warga harus merasakan kedinginan dan kepanasan. Berbagai macam alat tradisionalpun digunakan untuk di pasang di kebun-kebun karet dan sawit yang digenangi air.

“Banjir kali ini merupakan rejeki bagi kami, warga yang nangakap ikan menggunakan tangkul berhasil membawa banyak ikan seperti sedang memanen di kolam. Banyaknya jenis ikan seperti ikan seluang, kepiat, dan ikan sepat. Dari ukuran kecil sampai yang berukuran besar”. Kata Ayoung.

Tesar (27) warga yang berhasil membawa pulang hasil tangkapan yang terdiri dari berbagai jenis ikan.
”Sudah hampir sepekan menangkul ikan, hasilnya lumayan. Selain untuk dijual, saya juga membuat ikan asin (punang) untuk konsumsi sendiri ataupun ada yang berminat untuk membeli.” Ungkapnya.

“Banjir membawa berkah”. Ungkap sebagian warga. Banyaknya ikan hasil tangkapan menjadi mata pencaharian baru bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Warga yang tidak memiliki alat tradisional menangkap ikan, memenuhi pinggiran sungai untuk menyaksikan panen ikan tersebut. (Julia)

Umum