Jubir Covid-19 Muratara:Warga Mandi Angin Sepakat Karantina Mandiri

Jubir Covid-19 Muratara:Warga Mandi Angin Sepakat Karantina Mandiri

Murexs.com,Muratara- Sebanyak 22 orang warga Desa Mandi Angin. Kecamatan Rawas Ilir telah pulang ke rumah masing-masing dari Rumah Sehat yang dikelola Gugus Tugas, minggu (31/5).

Diungkapkan oleh Juru bicara Corona virus disease 2019(Covid-19) Susyanto tunut, “Semua warga yang di isolasi kemarin hari ini bersedia melakukan Karantina Mandiri di rumah masing-masing, dengan tetap mengikuti Protokol Karantina”,ungkap jubir.

Hal ini menyusul adanya Surat Permohonan Karantina Mandiri di rumah, tanggal 29 Mei 2020 (diterima Gugus Tugas tanggal 30 Mei 2020), yang disampaikan oleh warga Desa Mandi Angin atas nama Buya Margutin Almanshuri beserta 5 (lima) orang lainnya dan didukung oleh Pernyataan Dukungan Warga Desa Mandi Angin yang ditandatangani oleh 27 orang dan diketahui oleh Kepala Desa Mandi Angin Sipirli,jelasnya.

Gugus Tugas menyambut baik kesediaan warga untuk melakukan Karantina Mandiri di Rumah, apalagi didukung oleh semua warga Desa Mandi Angin,ujarnya.

Kita berharap dengan dukungan seluruh masyarakat desa, warga yang melakukan Karantina Mandiri dapat melaksanakan karantina dengan nyaman dan dapat mematuhi Protokol Karantina Mandiri. Dukungan masyarakat desa ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat Desa lain di Kabupaten Muratara maupun di seluruh Indonesia,harapnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Gugus Tugas melakukan Tracking ke Desa Mandi Angin terkait adanya informasi dari Gugus Tugas Lubuk Linggau tanggal 30 April 2020 bahwa ada warga Desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara atas nama Ny. L (30) yang tercatat sebagai Kasus Terkonfirmasi Positif Sumsel Nomor 148. Menindaklanjuti informasi tersebut Gugus Tugas melakukan Tracking Kontak Erat di Desa mandi Angin, dan mengambil sampel Swab warga tersebut.

Berdasarkan hasil Swab Test yang dikeluarkan oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang (BBLK Palembang) tanggal 20 Mei 2020 terdapat 8 (delapan) warga Mandi Angin yang hasil Test swab nya Positif yaitu: Tn. A (9), Ny.S(42), Tn.S(9), Ny. R (32), Tn. SB (60), Tn.MI(23), Tn.R (10), dan Tn.Sr (36). Berdasarkan hasil Test BBLK Palembang tanggal 20 Mei tersebut, Gugus Tugas melakukan Tracking kembali, dan didapatkan sebanyak 14 (empatbelas) orang kontak erat. Sehingga baik OTG positif maupun OTG yang masih menunggu konfirmasi hasil Test Swab warga Desa Mandi Angin berjumlah 22 orang dilakukan Karantina di Rumah Sehat Terusan dan Rumah Sehat Hotel 929 Lubuklinggau.

Sebelum kembali ke rumah masing-masing, warga yang dikarantina diambil sampel Swab nya untuk diperiksa di BBLK Palembang. Kita berdoa semoga hasil test Swab semua warga negatif, sehingga dapat menjalani kegiatan sehari hari sebagaimana biasa,paparnya.

Terhadap Warga yang melakukan Karantina Mandiri, Gugus Tugas memberikan bantuan berupa Beras, Mi Instan, Vitamin dan Sabun untuk dapat dimanfaatkan selama karantina di rumah masing-masing. Selama karantina mandiri di rumah, petugas kesehatan dari Gugus Tugas akan mengecek kesehatan warga secara berkala,uataranya.

Gugus Tugas mengucapkan terimakasih kepada Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Muratara, Kapolres Muratara beserta jajaran, Kades Mandi Angin dan tokoh masyarakat Mandi Angin, serta pihak-pihak yang telah membantu dan bekerjasama serta memberikan perhatian dalam pemulangan warga dan Karantina Mandiri.

Demikian, kita berdoa’a kepada Allah Subhanahuwata’ala semoga warga dapat menjalankan Karantina Mandiri tanpa suatu hambatan.

Tetap jaga kewaspadaan terhadap paparan COVID-19 di tengah tengah kita. Tetap patuhi protokol pencegahan COVID-19: Jaga Jarak, selalu cuci tangan dengan sabun, selalu pakai masker bila keluar rumah, dan lakukan prilaku hidup sehat,ajak nya.

Bersatu lawan covid-19, hindari hoax, fitnah dan provokasi. Kita bersiap menuju new normal,tutupnya.

(El/Murexs.com)

Kesehatan