Keren, Ketua PKK Muratara Racik Disinfektan Alami

Keren, Ketua PKK Muratara Racik Disinfektan Alami

Bunda Lia Mustika Syarif percaya bahwa resep-resep rempah Nusantara bisa menjadi andalan dalam menanggulangi wabah virus corona di Indonesia.

Murexs.com Muratara– Ketua TP PKK kabupaten Musi Rawas Utara membuat cairan disinfektan alamiah warisan leluhur sebagai langkah alternatif dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Bunda Lia begitu sapaan akrabnya menceritakan bahwa setelah dirinya percaya bahwa resep-resep rempah Nusantara bisa menjadi andalan dalam menanggulangi wabah Covid 19 dari bahan kimia.

Lanjut pada proses penyiapan bahan baku untuk membuat 5 liter disinfektan tradisional ini adalah sebagai berikut 2 ; 5,yakni 2 kg bahan alami dan 5 liter air direbus dengan suhu 90 derajat celcius .

Proses awal adalah merebus 5 liter air sampe mendidih, kemudian mulai memasukkan bahan baku satu persatu. Awalnya adalah memasukkan 2 kg daun sirih, kemudian daun sereh wangi, daun pandan,daun jeruk nipis direbus jadi satu.

Seluruh bahan baku tersebut direbus selama 20 menit sampai 30menit dan selama proses terus diaduk sampai benarbenar tercampur dengan rata. Kemudian setelah mendidih larutan didinginkan untuk kemudian disaring.

“Ramuan tradisional ini bisa digunakan saat kondisi disinfektan kimia semakin mahal, maka kita harus kembali pada resep tradisional Nusantara yang bahkan telah terkenal keseluruh penjuru dunia” ujarnya.

“Dengan membuat disinfektan tradisional ini, secara tidak langsung memberikan preventif (pencegahan) terhadap mewabahnya virus covid-19 ditanah air. Tidak ada hal kesulitan melakukan pencegahan apabila kita telah melakukan social distancing, menjaga tubuh tetap sehat sesuai anjuran pemerintah. Dan harapannya semua bisa membuat ramuan tradisional ini untuk menghambat virus corona,” tandasnya.
( Putra).

Umum