Peringatan Hari Kanker Sedunia Bertajuk ‘I Am and I Will’ Meriah

Peringatan Hari Kanker Sedunia Bertajuk ‘I Am and I Will’ Meriah


Murexs.com MURATARA

– Ratusan masyarakat tampak bersemangat saat mengikuti lomba senam dalam rangka Peringatan Hari Kanker Sedunia yang bertajuk ‘I Am and I Will’, berlangsung di lapangan Silampari Kelurahan Muara Rupit berlangsung meriah, Kamis (6/2/2020).


Acara Peringatan Kanker Sedunia ini dihadiri oleh Bupati Muratara HM Syarif Hidayat, Ketua TP-PKK Muratara, Lia Mustika Syarif, Kepala Dinas Kesehatan, Marlinda Sari, Kepala Dinas PMD P3A, Camat Rupit beserta jajaran, Seluruh Kepala OPD, Ibu-Ibu Bhayangkari, Ketua Dharma Wanita, Ketua IKATI beserta anggota, seluruh peserta senam dan lain-lain.


Serangkaian acara digelar selain lomba senam ada juga layanan kesehatan gratis, pelayanan KB gratis, Sunat massal, IVA test/PAP smear dan donor darah, pembuatan KTP dan Akte Kelahiran gratis.
Adapun dorfrize dalam kegiatan peringatan hari kanker sedunia yang diadakan oleh dinas kesehatan kabupaten Muratara yaitu sepeda, kipas angin dan sepeda motor.


Bupati Muratara H.M Syarif Hidayat menghimbau masyarakat untuk mencegah kanker sedini mungkin, dengan adanya kegiatan senam bersama ini mudah-mudahan terhindar dari kanker.
“Tujuan acara ini selain memperingati Hari Kanker Sedunia, kita ada kegiatan senam bersama agar kita semua sehat dan terhindar dari penyakit kanker payudara, kanker rahim, dan lain-lain,” himbau Bupati.


“Untuk yang hadir hari ini, (kemarin red) bapak-bapak dan ibu-ibu yang ingin berobat silahkan untuk berobat gratis dan ibu-ibu yang anaknya belum di sunat silahkan, di sini kita adakan sunat missal gratis,” ajaknya.


“Mari kita jaga kesehatan, karena rakyat Muratara harus sehat, sehingga kita wujudkan rakyat makmur, aman, cerdas dan bermartabat,” imbuhnya.


Ketua TP-PKK Muratara, Lia Mustika Syarif mengucapkan terima kasih kepada bapak Syarif Hidayat atas dorprize sepeda motor dalam partisipasinya pada kegiatan ini, kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, panitia pelaksana kegiatan yang telah kerja keras.


“Terima kasih kepada bapak Bupati Muratara H.M Syarif Hidayat, seluruh OPD dan semua yang terlibat sudah mendukung mensukseskan kegiatan ini, terima kasih juga untuk ibu-ibu ‘Wonder Women Lowong Agung’ yang telah bagi-bagi bubur untuk masyarakat” ucapnya.


“Untuk perempuan, mari cegah kanker sejak dini jangan lupa IVA test/PAP smear, jangan lupa jaga kebersihan dibagian intim perempuan, karena kalau sudah ada kanker tidak ada obatnya selain kematian, jadi lebih baik mencegah sejak dini,” tegasnya.


Kepala Dinas Kesehatan, Marlinda Sari mengatakan kegiatan senam ini untuk membudayakan hidup sehat di kalangan masyarakat, agar terhindar dari berbagai penyakit.”Salah satunya dengan aktif bergerak setiap hari itu sebagai upaya pencegahan terhadap kanker,” katanya kepada Wartawan Murexs (Muratara Exspos) saat diwawancara, Kamis (6/2/2020).


Diakhir acara, ada berbagai macam hadiah yang diberikan kepada peserta, diantaranya handphone (HP) dan doorprize satu unit sepeda motor dari Bupati Muratara secara pribadi bentuk partisipasi mendukung acara Peringatan Hari Kanker Sedunia.
(ADV/Ratna-Putra/MUREXS)

Pemerintahan