Untuk meningkatkan Kualitas Pembangunan Dana Desa, Pihak Kecamatan Nibung adakan Monitoring bersama

Untuk meningkatkan Kualitas Pembangunan Dana Desa, Pihak Kecamatan Nibung adakan Monitoring bersama


Murexs.com Muratara– Kegiatan Rutin dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengadakan monitoring bersama Pihak Polsek, Koramil Nibung, dan Pendamping Lokal Desa (PLD).

Pihak nya melakukan monitoring kegiatan pembangunan Dana Desa (DD)Tahun 2020 di tiga desa yaitu Desa Sumber Sari, Bumi Makmur dan Tebing Tinggi memastikan seluruh rangkaian DD pada Tahap I (Kesatu) dan II (Kedua) di dalam wilayah Kecamatan Nibung hari ini (28/07/2020).

Monitoring ini untuk melakukan pengecekan kegiatan yang ada di desa yang bersumber dari DD tahun 2020.

Tujuan yang dilakukan dari monitoring bersama ini memastikan agar kualitas pembangunan DD berkualitas dan tepat sasaran apa yang dilakukan oleh Desa.

Ibnu Kaster, Selaku Kasi PMD Kecamatan Nibung, mengatakan dalam monitoring ini memastikan kelengkapan administrasi baik berkas SPJ maupun realisasi kegiatan pada Tahap 1 dan 2 benar-benar lengkap dan bisa di pertanggung jawabkan oleh Pemerintah Desa Sumber Sari, Bumi Makmur dan Tebing Tinggi. Jelasnya
“Selain dari pemeriksaan administrasi kita juga melaku rapat singkat besama pemerintah Desa, selanjutan kita mengcrosscheck Pembangunan melalui DD ini apakah sudah tepat dan sesuai dengan RAB yang ada,tapi Alhamdulillah walaupun ada sedikit kesalahan kita berupaya agar desa membenahinya dengan melakukan musyawarah bersama BPD dan masyarakat.” Cetusnya
H.Misfani Kepala Desa Sumber sari mengatakan dalam monitoring ini kita dapat banyak masukan dari Tim monitoring ini, agar seluruh rangkaian DD benar-benar tepat dan bermanfaat.

Desa kita untuk pembangunan Tahun ini melakukan pembangunan Pengembangan Stadion Mini (Gor Sehroja) dan jambanisasi masyarakat yang sangat penting untuk membantu program pencegahan Stunting. Jelasnya.
Terpisah Yatno Kepala Desa Bumi Makmur juga mengatakan saat di wawancarai, untuk pembangunan Sport Centre ( Jongging Track dan Lapangan Volly ini akan ada perubahan pagu anggaran, karena dampak Covid-19.

Untuk penyaluran BLT DD ,tentunya kita akan membuat perubahan RAB sudah jelas ada volume bangunan yang akan kami kurangi, dalam perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2020 ini, yang akan kita bahas dalam musyarawah Desa terlebih dahulu, Ungkap Pak Yatno.

Sahibar Bakri,SH.Kepala Desa Tebing Tinggi, mengungkapkan.

“Tim PMD kecamatan Nibung Untuk Memonitoring Beberapa Bangunan,Seperti Gedung Paud Mobileur dan Arena Permainan anak baru mencapai 80%, Sumur BOR 5 Unit 80% dan oprit Jembatan Beton 10% untuk oprit Jembatan bangunan ini sekarang lagi berkendala dikernakan Iklim sebab Sungai Kelumpang Masih dalam airnya di sebabkan musim penghujan.
Aan Jumadi Robiansyah,Selaku Pendamping Lokal Desa(PLD)menjelaskan

Desa dampingan saya Sumber Sari, Bumi Makmur, dan Tebing Tinggi saya sangat bangga karena bangunan Dana Desa sangat berkualitas dan bermutu.

Seperti di Desa Sumber Sari, Stadion Mini Sehroja sudah banyak di manfaatkan oleh masyarakat untuk mengadakan berbagai macam kegiatan tingkat Desa ,tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten sehingga bangunan desa menjadi icon. Cetusnya

“Seperti itu juga desa dampingan saya yang lainya, dan juga kita akan melakukan musyawarah Desa untuk melakukan perubahan APBDes dalam waktu dekat ini, karena dampak covid-19 banyak rangkaian kegiatan yang tertunda dan di batal kan untuk memenuhi perubahan Peraturan Kementerian Desa no 11 tahun 2019 dan Perubahan ke 1 dan 2 nomor 6 dan 7 tahun 2020 tetang program perioritas pengunaan Dana Desa tahun ini”.
Di jelaskan nya terutama pengalihan DD untuk Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).”Tutupnya. (A2N)

Umum