42 Peserta Tingkat Muda dan 6 Madya, ikuti Uji Kompetensi Wartawan

42 Peserta Tingkat Muda dan 6 Madya, ikuti Uji Kompetensi Wartawan

Murexs.com LUBUKLINGGAU-Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe membuka secara resmi kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), bertempat di Hotel Cozy Lubuklinggau, Selasa (11/10/2022).

Saat menyampaikan sambutannya, H SN Prana Putra Sohe mengajak insan pers untuk bersama-sama berkolaborasi membangun Kota Lubuklinggau.

“Tidak ada pembangunan berjalan sendiri, itu tidak mungkin. Butuh sinergi dari bebagai elemen, salah satunya insan pers,” ungkapnya.

Dia berharap dari pelaksanaan UKW bisa meningkatkan kapasitas para pesertanya. “Mudah-mudahan para penguji dapat memberikan pencerahan bagi kita semua,” imbuhnya.

Kadis Kominfotiksan, M Johan Iman Sitepu dalam laporannya menyampaikan tujuan UKW ini untuk menjamin kualitas dan profesionalitas wartawan yang bertugas di Kota Lubuklinggau, menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi penghasil karya-karya intelektual.

Selain itu, untuk menghindari penyalahgunaan profesi wartawan dan menempatkan wartawan pada posisi strategis dalam dunia pers.

“Adapun peserta UKW sebanyak 48 orang, terdiri dari 42 orang tingkat muda dan 6 orang tingkat madya dengan waktu pelaksanaan selama dua hari, 11-12 Oktober 2022,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar mengatakan bahwa UKW merupakan salah satu cara untuk memfilter wartawan yang bekerja secara profesional atau tidak.

“Alhamdulillah, kita bersyukur Dinas Kominfotiksan Kota Lubuklinggau bersedia memfasilitasi peningkatan SDM wartawan di Kota Lubuklinggau,” ucapnya.

Ikut mendampingi Wako, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Herdawan, perwakilan kepala OPD, perwakilan dari Polres, Kodim 0406 Lubuklinggau, Kejari Lubuklinggau, para ketua organisasi pers dan undangan lainnya. (-)

Umum