Tokoh Pergerakan, Dukung Paslon HOME Di Pilgub Sumsel 2024

Tokoh Pergerakan, Dukung Paslon HOME Di Pilgub Sumsel 2024

Murexs.com Lubuklinggau
Pasangan calon Gubernur Sumatera Selatan, Ir Holda, M. Si yang akan berpasangan dengan Hj. Meli Mustika, SE,MM (HOME) di pastikan maju pada pilkada provinsi sumsel 2024 dan siap bersaing dengan lawannya.

Pasangan HoMe ini jadi paslon yang akan menjadi kuda hitam pada pilkada kali ini, menurut pengamatan beberapa tokoh masyarakat. Apalagi paslon Home merupakan paslon wanita pertama yang berani menyatakan maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di Sumsel. Bahkan di Indonesia baru ini.

Sementara itu menurut Wahisun Wahid Wahis yang merupakan tokoh masyarakat juga merupakan tokoh pergerakan silampari “Sangat setuju,” Dengan majunya paslon srikandi pada pemilihan gubernur provinsi sumsel 2024. Ayo masyarakat silampari kita dukung paslon ini. Ujar pria yang sudah senior di dunia pergerakan termasuk era 98 ini, pada kamis 30-05-2024.

Sejauh ini, partisipasi kaum perempuan di ajang Pilgub Sumsel bisa dikatakan sangat kecil. Bahkan belum pernah ada calon Gubernur maupun calon Wakil gubernur yang berasal dari kalangan perempuan. “Tampaknya, dalam ajang Pilgub 2024 nanti, bisa jadi kondisi ini akan berubah,”

Lebih lanjut “kalangan perempuan memberi warna tersendiri dalam politik. Menghadapi Pilkada Serentak 2024, tak sedikit figur wanita yang masuk dalam bursa kandidat, baik untuk pemilihan gubernur, bupati, maupun wali kota.

peluang figur perempuan tampil dalam pilkada 2024 bukan sesuatu yang baru dalam perpolitikan di Indonesia. Sebagai bentuk kesetaraan gender perempuan memiliki peluang yang sama dengan laki-laki dalam kontestasi politik.

“Munculnya figur-figur perempuan peluangnya lebih besar karena mereka tampil saat ini sebagai bagian dari relasi kuasa politik kekerabatan,” ujar wahisun

Menurut dia, eksistensi figur perempuan biasanya menjadi tampilan depan (front stage) bagi kekuatan politik keluarga. Padahal, di zaman sekarang, sambung dia, peran perempuan juga memiliki kapasitas yang sangat mumpuni dalam memimpin.

“Jadi tampilnya perempuan dalam arena kontestasi pilkada saat ini bukan lagi emansipasi tetapi sudah setara atau wacana laki-laki dan perempuan bukan masalah dalam sistem politik kita,”

Lebib lanjut, Pasangan Holda-Meli Mustika resmi mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Sumatera Selatan pada pilkada November 2024. Pasangan srikandi ini memecahkan rekor karena menjadi perempuan pertama sepanjang pilgub di provinsi.

Holda merupakan Bendahara DPD Partai Demokrat Sumsel sekaligus anggota DPRD setempat selama tiga periode. Sementara Meli Mustika adalah kader PDI Perjuangan yang juga anggota DPRD Sumsel.

pasangan ini mengusung program ekonomi hijau. Menurut Holda, Sumsel saat ini masuk sebagai provinsi termiskin 10 besar dan dengan program itu ia berkomitmen untuk membuat kemajuan di tanah kelahiran. Ujar wahisun.

“Mari Kita wujudkan impian menjadikan Sumsel lebih maju dan sejahtera dengan melalui program ekonomi hijau untuk masyarakatnya,”

Sementara itu Bacawagub Meli Mustika mengaku bersedia mendampingi Holda karena memiliki visi dan misi yang sama. Meli merasa terpanggil mengikuti Pilgub Sumsel untuk mengabdi secara penuh kepada masyarakat demi kemajuan daerah.

Meli optimistis dapat diusung PDI Perjuangan meski harus bersaing dengan kader lain yang deklarasi sebagai bacagub.”Saya yakin bisa diusung dan nantinya terpilih, saya sudah pengalaman selama menjadi anggota DPRD Ogan Ilir dan Sumsel,” Ringkas wahisun.

Umum