Bank BRI Muara Rupit di Somasi Gegara Dokumen Nasabah Hilang

Bank BRI Muara Rupit di Somasi Gegara Dokumen Nasabah Hilang

Murexs.com Muratara – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI Unit Cabang Muara Rupit di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) diSomasi nasabah atas nama Sri Hartati.

Seorang Aparatur Sipil Negara(ASN) ini menggugat BRI lantaran Surat Keputusan Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan beberapa dokumen asli miliknya dihilangkan oleh pihak bank.

Sri Hartati melalui kuasa hukumnya Riki SH menjelaskan, kliennya mengajukan permohonan pinjaman di BRI Unit Muara Rupit, namun pada saat itu pihak bank menyatakan bahwa berkas itu tidak ada.Menurut Riki, semua berkas yang dinyatakan raib oleh pihak bank itu semuanya asli, mulai dari pangkat pertama sampai dengan pangkat terakhir.

“Bahwa dokumen jaminan sebagaimana tersebut di atas terdiri dari, Penerbitan surat keputusan pengangkatan calon PNS No:813.2/149/XIII/1991/a/n Sri Hartati,Surat Keputusan PNS no 821.12/536/SK/XIII/92/an Sri Hartati.Surat keputusan kenaikan pangkat no :623.3/940/BE/III/2021/an Sri Hartati.Surat keputusan PNS no. 823.3/031/KPTS/BKD/2005/an Sri Hartati.Surat keputusan PNS no : 1894/KPTS/BKD/2016/ an Sri Hartati.Kartu Pegawai Negeri Sipil No. F193230.an Sri Hartati.Taspen No. 4400266981. an Sri Hartati.Kartu Pegawai Provinsi an Sri Hartati.Kartu Peserta Taspen di kantor Taspen,Surat Rumah atas nama Sri Hartati di badan pertanahan,” tulis Riki dalam surat Somasi kepada Bank BRI Cabang Muara Rupit yang diterima media, Senin (18/7).

Selaku kuasa hukum dia menilai, perbuatan menghilangkan barang jaminan milik nasabah seperti ini menunjukan bahwa Bank BRI tidak menjalankan prinsip-prinsip perbankan yaitu prinsip kepercayaan, prinsip kehati-hatian dan prinsip kerahasiaan dalam berbisnis sehingga merugikan Penggugat.Perbuatan salah satu bank milik negara ini juga masuk kategori perbuatan melawan hukum sebagaimana diatur dalam pasal 1365 KUH Perdata.

Dampak dari kasus ini juga membuat kliennya mengalami kerugian materil dan kerugian imateril yang harus dibayar oleh Bank BRI Unit Muara Rupit.

Rilis..

Umum