Bupati Muratara Pimpin Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 77

Bupati Muratara Pimpin Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 77

Murexs.com Muratara – upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke- 77 di kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) provinsi Sumatera Selatan, berlangsung di halaman kantor Pemkab Muratara, Rabu 17/8/2022.

Dalam hal ini, Bupati dan wakil bupati bersama ketua TP PKK Muratara juga hadir, Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Muratara H. Devi Suhartoni.HUT Ke 77 RI dengan mengusung Tema “Pulih lebih cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Sedangkan komandan upacara yakni Danramil Rawas Ulu Kapten Inf M Asa’ad dan pembawa baki bendera pusaka siswi SMA Negeri I Muratara Cindi.

Upacara peringatan HUT RI diikuti oleh Wakil Bupati Muratara HA Inayatullah, Ketua DPRD Efriyansah, Kapolres Muratara AKBP Firly Rosa Putra, SIK, Dandim serta pimpinan instansi vertikal Sekda, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP PKK, Ketua DWP, Camat, serta Pimpinan BUMD, Ormas dan Organisasi Keagamaan.

Dalam pidatonya, Bupati mengatakan, peringatan HUT RI ke-77 dapat dimaknai untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

“Yakni mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera,” ujarnya.

Dia menyebutkan, selama dua tahun bangsa Indonesia mengalami stagnasi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 namun saat ini pandemi mulai melandai dan ekonomi kembali pulih.

“Sehingga menjadi pengalaman yang tidak hanya bagi bangsa Indonesia tetapi juga dunia,” ujarnya.

Dirinya mengajak, masyarakat mengisi kemerdekaan dengan saling bekerjasama dan meningkatkan semangat gotong royong.

“Sama halnya dengan keberhasilan kita menghadapi pandemi COVID-19 yakni dengan semangat gotong royong dan kerjasama,” katanya.

Selanjutnya bupati bersama rombongan ziarah ke makam pahlawan di kelurahan Surulangun kecamatan Rawas Ulu.

Prosesi ziarah diawali dengan upacara penghormatan kepada para pahlawan, yang dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan dan tabur bunga di makam para pahlawan.

Sementara itu, usai upacara, Siswi SMA Negeri I Muratara, Cindi mengaku sangat bersyukur bisa terpilih menjadi pembawa bendera pada saat pengibaran bendera merah putih.

“Alhamdulilah sangat senang bisa terpilih sebagai pembawa baki bendera,” ujarnya dengan muka berseri.

Cal..

Pemerintahan Umum