Bupati: Pemdes Data Kembali Warganya,Takut Belum Ada Yang Terdaftar Di BPJS

Bupati: Pemdes Data Kembali Warganya,Takut Belum Ada Yang Terdaftar Di BPJS

Wujudkan Masyarakat Sehat,Bupati Launching Kartu BPJS di Balai Kecamatan Rupit

Murexs.com Muratara–Rabu, 09/11/2022pukul 09.00 WIB telah berlangsung Launching Kartu Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di balai kecamatan Rupit mengatakan dengan diresmikannya kartu BPJS Kesehatan layanan operasional Kabupaten Muratara diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan kesehatan di Kabupaten Muratara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati dan wakil bupati Muratara,kepala BPJS ,Kadinkes,camat Rupit , OPD,seluruh kades kecamatan Rupit ,perangkat desa serta warga penerima BPJS .

Hal tersebut disampaikan berkali-kali oleh Bupati maupun Wakil Bupati di setiap kegiatan yang melibatkan para kepala desa.

Untuk diketahui, Bupati mulai menyerahkan Kartu Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan gratis.

Penyerahan Kartu BPJS Kesehatan ini diberikan kepada masyarakat berdasarkan kriteria yang ditetapkan di seluruh desa wilayah Kabupaten Muratara.

Bupati menyampaikan pemberian kartu BPJS kesehatan secara gratis bertujuan dapat mengurangi beban masyarakat Kabupaten Muratara untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan ini sejalan visi misi mereka.

Saat menyerahkan kartu BPJS kepada sejumlah kepala desa di Kecamatan Rupit ,bupati meminta Kepala Desa untuk pro aktif mendata warganya yang belum terdaftar dalam peserta BPJS Kesehatan gratis.

“Kepala Desa agar mendata warganya yang belum terdaftar BPJS Kesehatan. Kami harap kepala desa segera turun bergerak mendata, dan melaporkan masyarakatnya agar yang belum terdaftar BPJS dalam program Bupati dan Wakil Bupati yaitu BPJS gratis,” katanya.

Lalu ia menerangkan agar program BPJS gratis bisa mencapai target yang diinginkan yakni paling tidak 95 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Muratara, sehingga bisa masuk dalam Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan secara menyeluruh.

“Kembali saya harapkan, agar kepala desa kembali bergerak turun ke bawah, mendata dan menemui masyarakatnya yang masih belum terdata program BPJS gratis,” tambahnya.

Sementara itu salah satu warga saat sesi tanya jawab, menanyakan apakah BPJS bisa menanggung semua jenis penyakit baik itu sakit akibat kecelakaan, dipatuk ular,patah tulang ataupun penyakit parah lainnya.

Pihak BPJS yang langsung dijawab kepala BPJS, bahwa BPJS Kesehatan berfungsi layaknya asuransi kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Sebagai lembaga publik yang dibiayai negara, BPJS Kesehatan menanggung seluruh layanan medis untuk hampir seluruh penyakit yang ada.

Bahkan, talangan biaya tersebut berlaku untuk sejumlah penyakit berbahaya yang tergolong mahal penanganannya.

Jadi menurutnya , semua jenis penyakit bisa ditangani dengan BPJS.

Kegiatan Launching Kartu BPJS tersebut diikuti juga dengan penyerahan kartu BPJS bagi warga yang kurang mampu dengan biaya iuran tiap bulan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Muratara.

Cal.

Umum