Kecamatan Karang Dapo- Rawas Ilir Masih Terendam Banjir

Kecamatan Karang Dapo- Rawas Ilir Masih Terendam Banjir

Murexs.com Muratara—kecamatan Karang Dapo dan Kecamatan Rawas Ilir kabupaten Musi Rawas Utara masih terendam banjir. Sebelumnya terdapat enam kecamatan yang terendam banjir, tetapi empat kecamatan airnya sudah surut pada beberapa hari terakhir.

Banjir bandang menimpa di kabupaten Musi Rawas Utara terjadi Selasa 16/04/2024, menimpa enam kecamatan yakni kecamatan Karang Jaya,Rupit,Karang Dapo,Rawas Ilir, Rawas Ulu dan Ulu Rawas.

Untuk empat kecamatan saat ini sudah surut dan untuk kecamatan terparah menimpah kecamatan Karang Jaya yaitu desa Lubuk Kumbung dan desa Terusan , yang menyisakan kepiluan buat warganya.

Berbagai bantuan dari pemkab, skpd, bahkan dermawan dari berbagai daerah ikut serta menyumbangkan logistik untuk korban bencana banjir bandang terutama didesa Lubuk Kumbung yang hampir 95 % persen terdampak banjir dan rumah mengalami kerusakan total.

Terpantau sejak banjir bandang terjadi ,sudah lima hari , wilayah kecamatan Karang Dapo dan Rawas Ilir masih terendam banjir, bahkan untuk akses menuju kecamatan Rawas Ilir sampai saat ini belum bisa dilalui.

Kondisi ini sangat berpengaruh untuk didunia pendidikan, dimana terlihat sekolah sekolah sampai hari ini masih terendam banjir,Sabtu 20/04/2024.

Salah satu Kepala Sekolah SD Negeri Bingin Teluk yang biasa dipanggil bunda Atik ,menuturkan bahwa mereka terpaksa meliburkan anak sekolah dikarenakan banjir belum kunjung surut.

” Anak anak terpaksa diliburkan sekolah, akan tetapi mereka diarahkan untuk belajar dirumah masing masing dibimbing wali kelas mereka,agar proses belajar terus dilakukan”, terang bunda Atik kewartawan Murexs ,Sabtu 20/04/2024.

Sementara itu kepala BPBD Muratara mengatakan Terkait dengan antisipasi misi kemanusiaan untuk melakukan evakuasi terhadap korban bencana banjir, kata dia, belum dilakukan karena warga masih bertahan di rumahnya.

“Masih bertahan hingga sekarang, untuk pengungsian masih nihil,” katanya.

Untuk itu, BPBD Muratara mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan cuaca dan kondisi wilayah saat ini termasuk kondisi curah hujan .

“Maka diimbau kepada seluruh stekholder, baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat untuk tetap waspada menghadapi curang hujan yang tinggi saat ini dengan slogan siap untuk selamat,” katanya.

Selain itu, katanya, tumbuhkanlah budaya sadar bencana diantara kita dengan demikian maka kita mempersiapkan diri menghadapinya untuk mengurangi resiko bencana.

Kepada seluruh instansi terkait kebencanaan untuk siap siaga menghadapi terjadinya bencana baik personil maupun peralatan dan kemampuan lainnya.

“Saat ini BPBD melalu Tim Reaksi Cepat atau TRC dan Pusdalops melakukan assesment lapangan ,” ujarnya.

Tim 13…

Umum