Kecamatan Nibung Gelar Musrenbang RKPD 2025, 36 Usulan Jadi Skala Prioritas

Kecamatan Nibung Gelar Musrenbang RKPD 2025, 36 Usulan Jadi Skala Prioritas

Murexs.com MURATARA – Kecamatan Nibung, Kabupaten Muratara menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2025, di balai pertemuan Kecamatan Nibung, Kamis 7 Maret 2024.

Musrenbang RKPD 2025 di Kecamatan Nibung ini, dihadiri Bappeda, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, ketua tim monitoring Musrenbang, Puskesmas Nibung, Lurah, unsur Muspika, Kapolsek, Danramil dan tamu undangan lainnya.

Juga tampak hadir korwil pendidikan, KUA, Kepala Sekolah dan Kepala Desa di Kecamatan Nibung, pimpinan perusahaan dan Kepala Seksi atau Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kecamatan Nibung.

Camat Nibung Dipa Alamit, SE dalam sambutannya mengatakan, bahwa Musrenbang merupakan suatu progress yang dilakukan untuk mencapai sebuah kondisi ideal yang diinginkan untuk sebuah perubahan.

Camat Nibung Dipa Alamit, SE bersama tamu undangan pada kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2025 di balai pertemuan Kecamatan Nibung

“Perubahan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, baik melalui pengadaan sarana, penciptaan atau penataan struktur ataupun pembentukan mentalitas tertentu” kata Camat.

Selain itu, kata Dia, Musrenbang juga sebuah progress transformasi, dari kondisi aktual yang dirasakan secara terarah, cermat dan terukur. Musrenbang tingkat kecamatan merupakan lanjutan dari Musrenbang tingkat desa.

Dia mengharapkan, partisipasi dan keterlibatan dari semua pihak, untuk keberhasilan dan pencapaian indikator pembangunan. Dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan hasil pembangunan.

Karena pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, menjadi milik bersama dan untuk masyarakat. Rasa memiliki harus tertanam, sehingga keberhasilan dan berkelanjutan pembangunan dapat terjaga.

Camat Nibung Dipa Alamit, SE bersama tamu undangan pada kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2025 di balai pertemuan Kecamatan Nibung

Ia mengungkapkan, untuk usulan dalam Musrenbang tahun ini berjumlah 237 usulan, namun yang jadi skala prioritas 36 usulan. Karena kemampuan daerah yang masih terbatas, tidak semua program usulan dapat dibiayai.

“Program yang tidak masuk dalam skala prioritas, perlu juga dicarikan peluang pendanaan, bisa bersumber dari swasta, dana dari provinsi maupun dari APBN” kata Camat.

Putra

Umum